div id='fb-root'/>
  • CAKNUN.
  • Bersama Zastrow el-ngatawi
  • Jombang 1-5 Agustus 2015.

Senin, 07 November 2016

KELAS MENULIS (1)


a. Dalam surah Al-Alaq, sebelum sampai pada ayat 'alama bil qalam' (yang mengajar dengan perantara tulis), Allah memerintah Nabi untuk 'iqra'' terlebih dahulu.
Itu berarti, kita tidak akan bisa menulis dengan baik, sebelum kita membaca. Dan kita tidak akan menjadi mahir menulis sebelum kita banyak membaca.
Tulisan kita, akan sangat menunjukkan berapa banyak buku yang kita baca. Semakin tulisan itu tidak memiliki karakter, maka semakin tampaklah penulisnya tidak atau kurang membaca. Begitu pun sebaliknya.
Untuk menulis satu alinia, dibutuhkan membaca dua atau duaratus buku. Maka, bacalah!
b. Pilihlah satu atau dua penulis yang paling Anda gemari karakter bahasa dan perikepenulisannya. Bacalah karya-karyanya sesering mungkin dan berulang-ulang, karena aktivitas membaca pada dasarnya adalah kreatifitas MEREKAM KATA/BAHASA dan KARAKTER MERANGKAINYA.
c. Bacalah terus sampai buku bacaan Anda itu menularkan sebuah karakter tertentu. Mula-mula, Anda bisa mencuri-curi alias menjiplak karya tertentu sebagai bahan belajar. Tidak apa. Karena MUI tidak mengharamkan itu, selama untuk belajar. Ulangi terus sampai tulisan yang Anda curi itu mempengaruhi. Nah, tanda-tanda bahwa tulisan itu sudah mempengaruhi adalah ketika Anda sudah mulai bisa berinovasi.
Kerjakan!
https://scontent-sin6-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/

sumber : Gus Yahya

Tidak ada komentar: