div id='fb-root'/>
  • CAKNUN.
  • Bersama Zastrow el-ngatawi
  • Jombang 1-5 Agustus 2015.

Senin, 27 Oktober 2014

AYAM JAGO.

Ketika nabi Adam di turunkan ke bumi, beliau kebingungan menentukan waktu sholat maka Allah memberikannya sepasang ayam jago dan ayam betina yg didatangkan dari surga.
Ayam jago ini berwarna putih dan kedua kakinya berwarna kuning, gedenya sebesar sapi, dan ayam itu selalu mengepakkan sayapnya ketika waktu sholat tiba dengan berseru “Maha suci (Allah) yang segala (makhluk) memuji-Nya, wahai Adam, kerjakanlah solat, semoga Allah merahmatimu, maka seketika itu Adam bangkit untuk berwudlu dan melaksanakan sholat.

Allah Swt telah menciptakan malaikat ad-Dik (yang menyerupai ayam jago) di langit. Ketika malaikat jago ini bertabih, maka bertasbilah ayam-ayam jago di dunia.
Ibnu abbas berkata : (jenis) burung yang paling disukai Allah adalah Ayam Jago, sedangkan (jenis) burung yang paling disukai iblis adalah Merak, maka perbanyaklah (memelihara) ayam jago di rumah kalian, karena bahwasannya setan tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ayam jago berwarna putih.
Imam Jalaluddin As-suyuthi berkata : barangsiapa membaca tasbih yang dibaca ayam jago (yaitu):
سُبْحَانَ السُّبُوحِ الْقُدُّوسِ الرَّحْمَنِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ الَّذِي لَا إلَه إلَّا هُوَ
“SUBHANAS-SUBBUHIL QUDDUUSIR RAHMAN, ALMALIKID DAYYAN, ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWA” ketika sedang keadaan resah atau saki maka Allah akan menghilangkan kesusahannya.
(BUJAIRIMI ‘ALAL KHOTHIB I hal. 404-405)

Tidak ada komentar: