بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِ

الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعَالَمِيۡنَ وَ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ عَلَى أَشۡرَفِ الۡأَنۡبِيَآءِ وَ الۡمُرۡسَلِيۡنَ مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أٰلِهِ وَ صَحۡبِهِ وَ مَنۡ تَبِعَهُمۡ بِإِحۡسَانٍ إِلَى يَوۡمِ الدِّيۡنِ، أَمَّا بَعۡدُ؛
Sekilas tentang Al-Maktabah Al-Syamilah

Al-Maktabah Al-Syamilah merupakan software yang berfungsi seperti perpustakaan untuk mengoleksi buku-buku elektronik ke-Islam-an. Keistimewaan Al-Maktabah Al-Syamilah dibandingkan software sejenis lainnya antara lain terdapatnya fasilitas untuk menambahkan buku-buku elektronik milik pengguna ke dalamnya, mengedit koleksi buku yang sudah ada dan juga mengeksportnya ke luar Al-Maktabah Al-Syamilah.

Dengan memiliki software ini, seakan-akan kita telah membangun sebuah perpustakaan pribadi dalam komputer kita. Sebelum munculnya software ini, ribuan judul kitab hanya dapat penyusun baca judulnya dalam footnote buku-buku yang penyusun mampu membelinya. Dengan adanya software ini, kini lebih dari 5000 judul kitab dapat penyusun baca setelah memperolehnya secara gratis. Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat, hidayah dan maghfirah kepada mereka yang telah mewujudkan software ini dan memberi mereka kekuatan untuk selalu mengembangkannya dan menyempurnakannya.


Tujuan dan Ketentuan Penggunaan Al-Maktabah Al-Syamilah

Dalam Shamela Library Help (شَرۡحُ الۡمَكۡتَبَةِ الشَّامِلَةِ), dapat dibaca dalam Al-Maktabah Al-Syamilah dari menu: المساعدة => شرح البرنامج, terdapat beberapa keterangan tujuan dan ketentuan penggunaan software ini, kurang lebih sebagai berikut:
  • Tujuan dari software Al-Maktabah ini tidak hanya untuk mengoleksi buku-buku gratis dari internet dalam satu perpustakaan tetapi yang lebih penting dari itu adalah kemungkinan untuk menambahkan buku-buku dan mengeditnya sehingga dapat menjadi perpustakaan pribadi bagi penuntut ilmu.
  • Al-Maktabah Al-Syamilah bersifat gratis dan dapat didownload di situs Al-Maktabah Al-Syamilah secara gratis.
  • Al-Maktabah Al-Syamilah boleh diisi buku-buku ahli al-bid’ah dengan ketentuan bukan untuk menyebarkannya namun untuk membantahnya. Ini merupakan salah satu syarat kebolehan menggunakan software Al-Maktabah Al-Syamilah, yaitu tidak dipergunakan untuk menyebarkan buku-buku ahli al-bid’ah.
  • Pengguna boleh, bahkan dianjurkan, menyebarkan Al-Maktabah Al-Syamilah dalam bentuk CD/DVD, atau dalam blog atau situs-situs internet.
  • Untuk memperoleh update software dan buku-buku terakhir yang ditambahkan pergunakan fasilitas الترقية الحية (Live Update) dalam software.
  • Untuk memperoleh penjelasan atau memberikan usul dan saran buka situs Al-Maktabah Al-Syamilah.
  • Selain buku-buku yang disediakan dalam situs Al-Maktabah Al-Syamilah, pengguna dapat juga memperkaya perpustakaan pribadi dengan memasukkan file-file Microsoft Word ke dalam software Al-Maktabah Al-Syamilah. Terdapat banyak situs yang menyediakan buku-buku dalam format Microsoft Word seperti situsSyabakah Misykat Al-IslamiyahMaktabah Shaid Al-FawaidMultaqa Ahli Al-Hadits dan Thariq Al-Islam.

Memperoleh Al-Maktabah Al-Syamilah


Al-Maktabah Al-Syamilah dapat diperoleh dalam beberapa jenis:
  • Al-Maktabah Al-Syamilah yang belum berisi buku apapun, dapat diperoleh di situs Al-Maktabah Al-Syamilah pada halaman download kemudian cari link downloadnya dibagian تنزيل النسخة المفرغة. Al-Maktabah Al-Syamilah jenis ini berguna untuk membuat perpustakaan pribadi dengan koleksi sesuai yang dibutuhkan. Buku-bukunya dapat diperoleh baik dari situs Al-Maktabah Al-Syamilah sendiri atau situs-situs lainnya yang menyediakan buku-buku elektronik gratis dalam format tertentu (antara lain: txtrtfwridocdocxdot,dotxhtmhtmlshtmlphpasp, dan sebagainya) atau dapat juga diisi dengan buku-buku elektronik tulisan sendiri dengan format tertentu.
  • Al-Maktabah Al-Syamilah yang telah berisi koleksi buku ke-Islam-an versi resmi dari situs Al-Maktabah Al-Syamilah atau disebut المكتبة الشاملة الإصدار الرسمي atau المكتبة الشاملة النسخة الرسمية. Al-Maktabah Al-Syamilah Al-Ishdar Al-Rasmy dapat diperoleh juga pada halaman download pada bagian تنزيل النسخة الرسمية. Untuk versi resmi pertama (الإصدار الرسمي الأول) ini file yang didownload sebesar 1.95 gb berisi 5300 judul kitab. Dari bagian tersebut terdapat beberapa pilihan download, dari yang berformat torrent, rar dalam satu file dan rar yang dibagi menjadi beberapa bagian. Al-Maktabah Al-Syamilah Al-Ishdar Al-Rasmy ini merupakan produk baru yang dikeluarkan situs Al-Maktabah Al-Syamilah. Penyusun baru memperoleh beritanya dari situs Al-Maktabah Al-Syamilah sekitar bulan November 2010 dan baru berhasil mendownload selama hampir 24 jam pada tanggal 25-26 Januari 2011 M. Sebelumnya situs Al-Maktabah Al-Syamilah hanya menyediakan Al-Maktabah Al-Syamilah yang masih kosong dan buku-buku resminya harus didownload satu per satu.
  • Al-Maktabah Al-Syamilah yang telah berisi koleksi buku ke-Islam-an yang dimasukkan ke dalamnya oleh pihak lain. Al-Maktabah Al-Syamilah jenis ini dapat diperoleh dengan mendownload dari beberapa situs atau membelinya dalam bentuk CD/DVD (biasanya sebagai bonus dari buku tentang Al-Maktabah Al-Syamilah). Informasi tentang Al-Maktabah Al-Syamilah jenis ini atau tempat downloadnya dapat diperoleh di berbagai situs dan sebagainya (silahkan cari dengan mesin pencari di internet).
Dari 3 jenis Al-Maktabah Al-Syamilah di atas, penyusun cenderung memilih jenis kedua, AL-Maktabah Al-Syamilah Al-Ishdar Al-Rasmy. Terdapat fasilitas yang hanya dapat dijalankan menggunakan Al-Maktabah Al-Syamilah Al-Ishdar Al-Rasmy.